Senin, 23 April 2012

Nothing Special

"Pemanasan Sebelum Menapak Puncak Rinjani"

Jika orang-orang mengatakan hambar rasanya kalau makan tanpa garam, aku bilang aneh rasanya melewati tahun tanpa mampir ke Surya Kencana :D

Lawatan ke gunung Gede kali ini masih sama seperti sebelum-sebelumnya. Naik dari jalur gunung Putri, turun lewat Cibodas. Nothing Special.

Bulan-bulan awal jalur pendakian resmi dibuka kembali, gunung Gede memang selalu ramai dikunjungi para pendaki. Entah itu Komunitas Pala, keluarga, atau sekumpulan teman sehobi. Tak jarang kita harus mengantri berminggu-minggu untuk bisa mendaftar dan naik ke gunung Gede karena memang pihak pengelola memberlakukan sistem booking online untuk pendaftaran kelompok pendakian. Kalau kebetulan beruntung, aplikasi pendaftaran kita diterima dan divalidasi, kalau lagi apes ya terpaksa mendaftar di hari berikutnya. Beruntung kami telah mendaftar jauh-jauh hari :)

21 April 2012

Tenda, Kali, dan Surya Kencana

Kami mulai mendaki pukul 11.30 siang. Siang karena pagi harinya kami harus mengambil SIMAKSI dulu di Balai Besar TNGGP Cibodas. Kebetulan saat itu kelompokku (lima orang) diisi orang-orang yang memang lumayan sering hiking walaupun ada juga yang sempat enam tahun vakum. Jadinya pendakian pun tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Empat jam adalah waktu yang kami butuhkan untuk mencapai Surya Kencana.
Lagi Ramai.......
Cuaca cerah, hati pun riang :D Kalau biasanya aku selalu mendirikan tenda di sekitar rerimbunan pohon dengan tujuan menghindari ganasnya angin malam nan dingin, kali ini kami sepakat mencoba mendirikan tenda di dekat kali. Sudah lama sebenarnya aku ingin mencoba hal tersebut :D

Rebutan Tempat Camp.....
Dekatnya kami dengan sumber kehidupan menyebabkan kami tak perlu malas mengambil air. Selama ini, urusan mengambil air di Surya Kencana cukup memusingkan. Karena selain sangat dingin, lokasinya pun cukup jauh (sekitar 200-300 m). Belum lagi akan sedikit menanjak kalau kita nge-camp di bawah rerimbunan pohon di bawah puncak :D
Suara Gemericik Air di Kali Surya Kencana Sangat Menenangkan :P
22 April 2012

Keesokan harinya kami melanjutkan pendakian menuju puncak. Kawah di puncak terlihat sangat jelas karena memang hari itu cuaca sedang bersahabat.

Aku, Kawah, dan Puncak Gede
Setelah puas menikmati pemandangan puncak, kami pun segera turun dan bersiap menghadapi kebisingan Ibu Kota :)